10 Mahasiswa Unsyiah Magang di Malaysia Exposition Park Serdang

Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Syiah Kuala mengikuti magang singkat di Malaysia Exposition Park Serdang (MAEPS), mulai tanggal 28 November – 5 Desember 2019 di Malaysia.

Kepala Pusat Riset Pengembangan Pertanian Organik Dr. nat. techn. Syafruddin, S.P., M.P. mengatakan, sepuluh 10 mahasiswa ini berasal dari Program Magister Agroekoteknologi Unsyiah. 

Menurutnya, program magang ini bertujuan untuk membuka wawasan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bidang peretanian berkelanjutan dan pertanian organic. Selain itu, untuk menggagas kerjasama lanjutan, pengembangan riset, dan saling berbagi informasi tentang pertanian berkelanjutan di Malaysia dan Indonesia, khususnya Aceh. 

“Program magang singkat ini sangat berguna bagi mahasiswa Magister Agroekoteknologi terutama dalam hal pengembangan potensi dan komersia tanaman herbal, pengembangan sayuran dan nenas dan peternakan lebah. Mahasiswa melakukan praktek dalam kunjungan tersebut, pengetahuan  dan kerampilannya meningkat,” kata Syafruddin.

  

Koordinator Mata Kuliah Pertanian Berkelanjutan pada Program Magister Agroekoteknologi Unsyiah ini juga menjelaskan, program kunjungan dan magang ke Malaysia tersebut juga dalam rangka tuntutan muatan kurikulum berbasis Pertanian Berkelanjutan. 

“Khusus di Unsyiah di Unsyiah implementasi Pertanian Berkelanjutan dan Pertanian Organik sudah diterapkan,” ujarnya.

Syafruddin menjelaskan, program kunjungan dan magang singkat di MAEPS ini adalah salah satu upaya Unsyiah  untuk menggalakkan gerakan pertanian berkelanjutan dan pertanian organik.

“Kami menyambut baik dan sangat senang dengan adanya program ini. Wawasan tentang pertanian berkelanjutan dan pertanian organik meningkat dan ini tentu saja sangat mendukung program riset kami selama ini,” katanya.

Untuk itulah, Syafruddin mengucapkan terima kasih kepada Program S-FARM Unsyiah dan Prodi Magister Agroekoteknologi Unsyiah yang  turut dan telah  mensukseskan program kunjungan dan magang ke Malaysia.

Salah satu mahasiswa yang ikut program ini Maulana Zubir, berharap program ini dapat terus dilaksanakan dan berkelanjutan. Alasannya, karena program ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa khususnya dalam bidang pertanian berkelanjutan, penataan lahan berbasis remediasi dan pengelolaan limbah.

Untuk diketahui, Pusat Riset Pengembangan Pertanian Organik dan Prodi Magister Agroekoteknologi Unsyiah telah bekerjasama dengan beberapa universitas di Eropa seperti Agricultural University of Athens, Yunani; Basilicata University, Italia dan Uevora University, Portugal melalui Program S-FARM (Sustainable Farming),  khusus untuk tingkat Unsyiah  program tersebut dikordinatori oleh Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc.