6 Mahasiswi PSDKU Gayo Lues USK Teliti Hutan Pining

Sebanyak enam orang mahasiswa Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Gayo Lues Universitas Syiah Kuala Program melakukan penelitian di Hutan Pining, Kecamatan Pining. (Gayo Lues, 25 Februari 2021).

Berdasarkan informasi dari laman berita Baranewsaceh.co, enam mahasiswa dari jurusan Kehutanan ini melakukan riset ke hutan tersebut dengan tujuan untuk penelitian akhir sebagai syarat memperoleh gelar sarjana.

Enam mahasiswi ini meneliti dengan objek yang berbeda. Seperti Husna yang meneliti keragaman jenis pohon kayu meranti, Ira meneliti tentang kearifan local yang berkaitan dengan konservasi. Baik yang masih bertahan maupun yang tinggal dalam catatan sejarang di kalangan masyarakat.

Lalu Mulia meneliti tentang konflik satwa gajah, upaya mitigasi, dan pemetaan konflik di Desa Lesten. Lalu Cici yang meneliti tentang jenis famili tumbuhan Lauraceae,  Yuri meneliti tentang jenis tumbuhan kayu yang komersel, dan Zena yang meneliti tentang tata cara pegambilan lebah madu hutan.

Semua penelitian yang di lakukan oleh Enam mahasiswi ini, di lakukan dalam kawasan hutan di Kecamatan Pining. Mereka sempat melakukan kunjungan ke kantor Forum penjaga Hutan dan sungai Harimau Pining, yang merupakan sebuah  komunintas yang konsen melakukan pengawasan terhadap hutan dan sungai di Pining.

Abu Kari Aman Jarum selaku Ketua Harimau Pining, menyambut baik kedatangan peneliti mahasiswa dari USK ini. Menurutnya, sudah sepatutnya orang Gayo menjaga hutan di Gayo ini.

“Lewat generasi muda yang berpendidikan ini, seharusnya lebih peduli dan tahu kondisi hutan di daerah kita, dari pada orang yang berasal dari luar sana,” ujarnya.

Leave a Reply