FK USK Lepas 24 Sarjana Kedokteran Baru

Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala melepas sebanyak 24 Sarjana Kedokteran baru. Hal ini ditandai dengan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Dekan FK USK Prof. Dr. Maimun Syukri Sp.PD (K)  di Aula FK USK. (Banda Aceh, 26 Januari 2021).

Mengingat kondisi sekarang yang masih pandemic Covid-19, maka FK USK masih mengambil kebijakan untuk melakukan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah ini berlangsung secara daring dan luring.

Dari 24 Sarjana Kedokteran tersebut, 16 di antaranya hadir secara luring sementara 8 orang lainnya mengikuti secara daring. Dari jumlah tersebut, terdapat satu orang lulusan yang berasal tempat paling timur Indonesia yaitu  Papua.

Prof. Maimun dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan selamat kepada seluruh lulusan baru FK USK tersebut. Selain itu, Prof. Maimun juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan FK USK untuk mendidik anak mereka agar menjadi seorang dokter.

Pada kesempatan ini, Prof. Maimun mengingatkan agar para dokter baru ini memegah teguh janji dan sumpahnya sebagai seorang dokter. Keilmuan yang telah mereka dapatkan selama pendidikan, harus mampu memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Khususnya dalam upaya menciptakan kualitas kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, Prof. Maimun juga berpesan, selama bertugas mereka harus mampu menjaga sikap serta membangun komunikasi yang baik di manapun mereka berada. Apalagi saat harus berhadapan dengan keluarga pasien, yang terkadang tidak memahami kondisi dan kerja seorang dokter.

“Pandai-pandailah kalian membangun komunikasi, karena hal tersebut sangat menunjang tugas kalian sebagai dokter,” ucapnya.

Leave a Reply